oleh

Bawaslu SBB lakukan Sosialisasi PDPB Bagi Masyarakat

banner 468x60

Piru,Suarareporter.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melakukan sosialisasi dalam rangka pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Pemilu 2024 kepada masyarakat yang berlangsung di Kantor Bawaslu, Kamis (24/2/2022).

Kegiatan yang menghadirkam tiga narasumber yakni Ketua Bawaslu SBB, HijraTangkota, S. Pd, Anggota Bawaslu Oktovianus Tehusijraana, ST, dan Staf KPU divisi Data La Rustam, S. Si diikuti oleh sejumlah masyarakat yang berasal dari berbagai desa.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Sosialisasi, Ketua Bawaslu SBB, HijraTangkota mengatakan ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan dari tingkat pusat sampai ke tingkat kabupaten/kota.

“Dikarenakan Bawaslu belum memiliki lembaga Adhoc dikecamatan maupun di desa, untuk itu lewat kegiatan ini dapat meningkatan kapasitas dan sekaligus sosialisasi terkait dengan pemilih berkelanjutan sebagaimana yang diamanatkan UU, PKPU maupun Perbawaslu”. katanya.

Lebih lanjut, Pria yang kerap disapa Ijhi ini mengatakan beberapa waktu lalu sudah dilakukan Launching hari pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 24 Februari 2024 mendatang.

Untuk itu, tahapan yang dirancang oleh KPU maupun Bawaslu antara lain terkait daftar pemilih inj merupakan hal yang paling urgen.

Sementara itu, Kordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu SBB, Oktovianus Tehusijarana, ST dalam penyampaian materinya mengatakan Pengawasan yang dilakukan terhadap Daftar Pemilih Berkelanjutan merupakan sangat penting karena menyangkut dengan Hak Konstitusi warga negara.

“Hak Konstitusi setiap warga negara sangat penting yang dapat menentukan arah atau tujuan negara ini baik Kabupaten maupun Provinsi”. Jelasnya.

Sehingga lanjut dia, Bawaslu dalam tugas dan tanggung jawabnya diamanatkan oleh Negara sesuai Undang-undang adalah menjaga, memelihara dan mengawasi proses pelaksanaan Pemutakhiran Daftar Pemilih sehingga hak konstitusi masyarakat tetap terjaga.

Meskipun demikian menurutnya, setiap warga negara juga harus menjaga hak konstitusi yang melekat pada dirinya sehingga kegiatan sosialisasi pada hari ini sangat penting dilakukan. (jul) 

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed